Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadilah Pelaku Bisnis Online

 Bagi seseorang yang sudah berumah tangga pasti mempunyai tanggungjawab untuk bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga, secara finansial seperti keperluan sehari-hari, pendidikan anak, jaminan kesehatan, tabungan, jaminan hari tua, dan masih banyak lagi lainnya harus dipenuhi. Akhirnya usaha untuk mendapatkan pekerjaan menjadi suatu hal yang mutlak, namun ada dua jenis pekerjaan yang bisa menjadi pilihan yaitu antara menjadi pekerja bagi orang lain atau wirausaha.

Jika anda memilih pilihan pertama berarti bermain aman karena hanya cukup mengerjakan perintah atasan dan kemudian pada setiap minggu atau bulan menerima gajian. Sedangkan kalau memilih wirausaha bisa saja menjadi pilihan yang punya potensi masa depan menguntungkan tinggal tergantung dari strategi masing-masing individu dalam menjalankan bisnisnya.

 


Ide Bisnis Online

Kami punya satu pertanyaan yang hanya perlu anda jawab dalam hati saja yaitu apakah anda pernah mencoba menjalankan bisnis online? Ok…pasti ada yang bilang sudah, belum, bahkan pernah. Banyak pengusaha-pengusaha dari berbagai sektor industri sekarang ini sudah memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Efisien dalam hal waktu hingga jangkauan yang lebih luas membuat strategi marketing online telah menjadi “primadona”.

Tidak cuma industri besar saja, sekarang ini juga sudah banyak bermunculan industri kecil dan menengah yang telah memanfaatkan media online untuk memaksimal penjualan produknya. Melihat realita itu maka bisa dikatakan popularitas internet semakin fenomenal, sehingga perlu menjadi pertimbangan penting bagi anda jika pada saat ini sedang berpikir untuk membangun bisnis berbasis rumahan.

 

Keuntungan Memilih Bisnis Online

Bisnis online tidak membutuhkan karyawan dengan jumlah banyak, bahkan anda sendiri pun bisa mengendalikan jalannya roda usaha itu hanya dengan duduk di depan komputer. Tidak perlu bangunan fisik yang besar dan luas karena anda bisa membangun visualisasi toko digital anda dengan mewah dan profesional hanya dengan memanfaatkan website. Alat transportasi tidak diperlukan disini, karena untuk urusan pengiriman anda bisa menyerahkan kepada pihak jasa pengiriman barang.

Tidak ada pembayaran  yang mundur atau model tempo karena sistem penjualannya adalah ada uang ada barang sehingga anda tidak dipusingkan dengan melakukan penagihan kesana kemari. Satu hal lagi ketika produk anda tidak perlu repot pulang pergi ke tempat yang sangat jauh saat ingin diperkenalkan dan ditawarkan ke manca negara. Anda cukup menggunakan website sebagai etalase produk dengan gaya yang menarik agar para pembeli yang berasal dari luar negeri tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Ada banyak peluang bisnis online yang bisa dilakukan dirumah yang disesuaikani dengan keahlian atau kemampuan. Jika anda memiliki kualitas sebagai seorang pengusaha maka peluang usaha online menjadi jawaban yang paling tepat. Kepraktisan jenis bisnis ini serta bisa dimulai dengan modal minimal menjadi salah satu alasan kenapa bisnis online menjadi solusi yang menguntungkan.

Anda tidak perlu berpanas-panas serta berhujan-hujan diluar sana untuk bekerja. Bisa terhindar dari kemacetan lalu lintas yang membuat kepala anda mau pecah dan memicu emosi yang labil. Leluasa mengerjakan papaun yang sesuai dengan keinginan anda tanpa harus dapat perintah dari orang lain bahakn kena marah akibat pekerjaan tidak seusai dengan kemauan atasan.

Efisiensi Biaya Promosi

Sekarang menginjak pada fokus tentang bisnis online itu sendiri. Anda hanya perlu menyediakan sebuah perangkat komputer desktop, laptop, atau netbook yang terhubung dengan internet yang koneksinya stabil. Dokumentasikan segala produk yang anda miliki dengan bentuk foto resolusi terbaik dan video. Jika tidak memiliki produk sendiri bisa saja menjadi seorang pengecer tanpa modal dengan cara mencari di forum-forum online.

Dengan metode dropshipping anda bisa mendapatkan berbagai macam produk dari banyak penjual tanpa harus melakukan pembelian untuk stok. Cukup ambil gambar dan keterangan detail pada tiap-tiap item produk yang diinginkan kemudian promosikan di berbagai media sosial.

Beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan adalah website/blog gratisan atau berbayar, FaceBook, Twitter, Google Plus dan sejenisnya. Untuk lebih memikat orang agar tertarik dengan produk yang anda tawarkan itu gunakan promosi audio visual dengan memanfaatkan layanan video streaming gratis seperti di YouTube.

Cara pemasaran diatas merupakan strategi pemasaran murah meriah dan sanggup menembus batasan ruang dan waktu sehingga berpotensi luas mendapatkan banyak pembeli dari tempat manapun. Strategi marketing konvensional yang sering diterapkan oleh banyak perusahaan besar bisa anda gunakan hanya saja dalam bentuk yang berbeda. Salah satu contoh saat sebuah perusahaan mengadakan acara terbuka ditempat umum dengan membagi-bagi hadiah atau doorprize guna menaikkan citra produknya.

Cara itu bisa anda implementasikan di internet dengan memanfaatkan media yang sudah kami sebutkan diatas. Misalnya anda memiliki sebuah website, sebagai upaya untuk menarik orang anda bisa membuat suatu event bagi-bagi hadiah disana.

Penerapan seperti itu secara terlihat anda sudah memangkas biaya promosi karena tidak perlu menyewa tempat, tenda, pengeras suara, hiburan, dan masih banyak lagi serta jumlah pengunjung bisa melebihi acara lapangan bahkan bisa membuat websitenya down karena terlalu banyak orang yang mengakses.

Masih kurang? Baiklah, anda sekali lagi ahrus mengadopsi adopsi kebiasaan promosi lapangan, salah satunya adalah interaksi dengan orang atau pengunjung. Ketika anda membawanya di internet maka tidak perlu menyewa jasa event organizer untuk mengatur segala keperluan yang dibutuhkan secara fisik.

Manfaatkan situs jejaring sosial yang punya kelebihan interaksi yang komunikatif dengan banyak user dengan diselingi kuis. Pertanyaan seputar produk yang anda miliki menjadi poin utama pengenalan secara tidak langsung ke masyarakat digital.

Kembali ke soal penjualan secara online, kultur masyarakat kita dalam melakukan transaksi biasanya akan berusaha melihat, memegang, dan mencoba fungsi produk itu. Nah bagaimana cara mengatasi soal itu agar calon pembeli tidak ragu? Ketika secara fisik barang tidak bisa dipegang dan dicoba oleh calon pembeli maka yang harus dilakukan adalah menambah daya kekuatan presentasi produk secara visual.

Foto produk harus ditampilkan dengan berbagai posisi dan sudut pengambilan gambar. Kemudian perkuat lagi dengan visualisasi hidup dengan memanfaatkan teknologi video untuk mempertontonkan produk tersebut dari fisik hingga fungsinya. Teknik multimedia tersebut bisa mendorong secara psikologis calon pembeli untuk bisa membayangkan, memperkirakan, menganalisa, dan mempertimbangkan bahwa produk tersebut memang layak untuk dibeli.

Saat anda menjalani semua proses itu dengan kurun waktu tertentu anggap saja akhirnya bisa meraih sukses. Dari keuntungan yang telah anda kumpulkan selain untuk mengembangkan bisnis online tersebut menjadi lebih baik lagi. Bisa juga digunakan untuk membangun toko atau tempat usaha nyata secara fisik sebagai upaya mendongkrak citra usahanya itu. Kesimpulannya adalah dari sebuah kesederhanaan dalam menjalankan bisnis yang efisien maka akan berpotensi mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Posting Komentar untuk "Jadilah Pelaku Bisnis Online"