Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengolah Kelapa Menjadi Produk Bernilai Tinggi

 Peluang bisnis sebenarnya bisa diperoleh dengan melihat segala sesuatu yang ada disekitar kita. Seringkali sesuatu yang biasa dan sederhana akan menjadi luar biasa setelah diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan produk bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah kelapa, tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia.

Pohon kelapa hampir seluruhnya bisa dimanfaatkan bahkan sampai pada limbahnya. Santan, minyak, sapu lidi, pembungkus makanan, dan kayu olahan dari kelapa yang sudah umum dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan limbah dari buah kelapa dari mulai tempurung atau batok dan serabut kelapa sering dibuat menjadi barang-barang kerajinan tangan.

 


Kerajinan Tangan

Produk kerajinan tangan berbahan dasar dari pohon kelapa mempunyai daya tarik tersendiri selain dari bahan lainnya. Namun yang mempunyai kualitas terbaik hanya dimiliki oleh beberapa pengrajin saja yang ini membuat pasar kerajinan lokal masih kurang bisa bersaing di pasar internasional. Selain kualitas masih perlu eksplorasi ide untuk menciptakan kreasi produk baru karena masih banyak yang bisa digali dan dikembangkan. Lampu dinding dari sendok sayur batok kelapa, mangkok sayur batok kelapa dengan berbagai ukuran (1 set), tempat bumbu dapur, tempat lilin, dan masih banyak lagi inovasi yang bisa dibuat dari kelapa.

 

Kreatifitas Adalah Peluang

Produk menarik dan berkualitas otomatis akan menguasai pasar, demikian juga dengan kerajinan yang lebih banyak menonjolkan sisi seni dalam menciptakan suatu produk. Kelapa yang punya limbah seperti tempurung dan serabutnya bisa diolah menjadi barang bernilai tinggi asal pengrajin sebagai pelaku usaha punya daya kreatifitas tinggi dalam berinovasi.

Pola pikir dalam menciptakan suatu produk kerajinan selama ini harus diubah agar bisa bersaing di pasar internasional. Sebenarnya bentuk-bentuk kerajinan yang dibuat oleh para pengrajin sudah menarik tetapi kualitas secara keseluruhan terkadang masih dibawah keinginan pasar yang memang punya standarisasi tersendiri. Produk kerajinan yang kokoh, tahan lama, dan aman dalam penggunaannya menjadi suatu standar penting agar bisa diterima pasar luar negeri.

Manfaatkan kelapa dengan berbagai kreasi berdasarkan ide-ide baru hingga menghasilkan produk yang menarik serta perhatikan kualitas barang yang dibuat maka itu menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan secara finansial. Selamat berkreasi dan dapatkan kesuksesan yang sesungguhnya. Salam bisnis!

Posting Komentar untuk "Mengolah Kelapa Menjadi Produk Bernilai Tinggi"